Journal Description


Jurnal Ilmiah Korpus is a journal managed by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Bengkulu. This journal contains and disseminates the results of scientific studies and research results of selected students and lecturers on language, literature, and teaching. The journal is published three times a year, in the months of April, August, and December, and is published by UNIB Press. Jurnal Ilmiah Korpus with  Online ISSN 2614-6614 has been has been accredited SINTA 4 by the Ministry of Research, Technology and Higher Education, the Republic of Indonesia.

Journal title    : Jurnal Ilmiah Korpus
Initials             : Korpus
Abbreviation  : Jurnal Ilmiah Korpus
Frequency      : 3 Issues per Year (April, August, December)
DOI                  : 10.33369/jik by
ISSN                 : 2614-6614 Online
Editor-in-chief: Dr. Catur Wulandari, M.Pd.
Publisher        : Unib Press
Journal Email : korpus.fkip@unib.ac.id
Citation           : Sinta | Google Scholar | Garuda

  

 

Vol. 9 No. 1 (2025): April 2025

Published: April 25, 2025

Struktur Naratif dalam Pertunjukan Wayang Kulit Lakon Tirta Perwitasari Perspektif Maranda

1-15 Nabilur Rohman, Eko Cahyo Prawoto

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Teks Tanggapan Kelas VII SMP

16-26 David Sal Domi Novrian, Dian Eka Chandra Wardhana, Muhammad Arifin

Perbedaan Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia antara Generasi Milenial dan Generasi Z

27-39 Welti Wediasti, Fina Hiasa

Pengaruh Video Tiktok terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu

40-53 Mutiara Aisyah, Nafri Yanti, Didi Yulistio

Kemampuan Literasi Membaca Fiksi melalui Soal Pilihan Ganda Model AKM Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kota Bengkulu

54-63 Qalbita Fatra, Agus Trianto, Catur Wulandari

Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 20 Kota Bengkulu

64-74 Afifah Eka Az Zahro, Gumono Gumono, Rio Kurniawan

Kematian dalam Cerpen Superior Sidoarjo: Perspektif Psikologi Kematian

75-86 Lasmana Fajar Hapriyanto, Anas Ahmadi

Pemerolehan Bahasa Indonesia pada Anak Usia 5 – 6 Tahun: Studi Kasus Agata Astrid Sheila Simanihuruk

87-100 Agnes Monica Simanihuruk, Ngudining Rahayu, Supadi Supadi

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Menganalisis Karya Ilmiah pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu

101-110 Vira Aulia, Noermanzah Noermanzah, Padi Utomo

Pengaruh Metode Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu

111-124 Angela Christanti Yoseva Silalahi, Ria Ariesta, Nafri Yanti

Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Bahasa Melayu Tengah Dialek Lembak di Kota Bengkulu

125-138 Hasanah Multi Lestari, Ngudining Rahayu, Irma Diani

Efektivitas Fabula-Sjuzet Membentuk Defamiliarisasi dalam Kumpulan Cerpen Penulis Sumut Pasar Cerita Amaliun

139-148 Bambang Riyanto

Gaya Penceritaan Leila S. Chudori dalam Novel Laut Bercerita

149-162 Ecandra Julianto, Fina Hiasa, Yayah Chanafiah

Kesantunan Berbahasa pada Kalangan Remaja di Keluarga Kota Medan Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan

163-174 Riski Ahmad Rezali, Suryadi Suryadi, Ngudining Rahayu

Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Menulis Pantun Nasihat Siswa Kelas VII SMP Negeri 04 Kepahiang

175-183 Zenda Adellia Adellia, Noermanzah Noermanzah, Agus Joko Purwadi

Fungsi dan Makna Kebah pada Masyarakat Muko-Muko

184-195 Jasmiatul Hasanah, Bustanuddin Lubis , Sarwit Sarwono
View All Issues