Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelekatan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Melati Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua yang memiliki anak usia 4-5 tahun di PAUD Melati Kota Bengkulu yang berjumlah 51 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak pada  PAUD Melati Kota Bengkulu memiliki tingkat kelekatan dengan kategori yang baik terhadap orangtuanya. Artinya pada PAUD Melati Kota Bengkulu, kelekatan yang terjalin antara anak dan orangtua adalah kelekatan yang aman.

Keywords

Kelekatan Anak Usia 4-5 Tahun Orang Tua

Article Details

Author Biography

Indrawati, Universitas Bengkulu

 

 

How to Cite
Kurnianti, N. A., Nasirun, M., & Indrawati. (2023). Kelekatan pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Melati Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 4(1). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i1.22248

References

  1. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  2. Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
  3. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  4. Anggeraini, R, Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
  5. Hurlock, E. E. (1978). Perkembangan Anak (A. Dharma (ed.); 6 ed.). Erlangga.
  6. Musfiqon, M. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan (U. A. Kurniati (ed.); 1 ed.). PT. Prestasi Pustakarya.
  7. Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2010). Human Development (9 ed.). Kencana.
  8. Pardede, Esther Novelia; Supena, A. F. (2017). Hubungan Kelekatan Orangtua dan Regulasi Diri dengan Kemampuan Sosial Anak. 12(1), 37–50. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.121
  9. Puteri, M., & Wangid, M. N. (2017). Hubungan a ntara Kelekatan dengan Interaksi Sosial pada Siswa. 6(2), 84–91. http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v6i2.9439
  10. Putri, J. A., Suryadi, D., & Yulidesni, Y. (2022). Perbedaan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Yang Belajar Dan Tidak Belajar Di Program TK Kelurahan Timur Indah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 10–21. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.19036
  11. Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak (R. Oktafiani (ed.); 11 ed.). Salemba Humanika.
  12. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (13 ed.). Alfabeta.
  13. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
  14. Zaiti, H., Nasirun, N., & D, D. (2022). Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Segugus Rafflesia Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.18917Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan (R. Rahmat & A. Maulana (ed.)). Erlangga.
  15. Zuliyani, Mawar, Nasirun, Nasirun, & Wembrayarli, Wembrayarli. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22251