STUDI UPAYA GURU UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK

Dea Tri Widyastuti(1), Muhammad Nasirun(2), Yulidesni Yulidesni(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) , 
(3) , 

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu dengan jumlah populasi 8 orang guru. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan apabila kurang dari 100 subjek. Data penelitian dikumpulkan dengan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis perhitungan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 2,86. Kegiatan beserta metode dan media yang paling sering digunakan oleh guru dalam mengoptimalkan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu yaitu menari dengan metode latihan dan media audio, senam dengan metode praktek langsung dan media audio, gerak dan lagu dengan metode praktek langsung dan media lagu dan gerak, berjalan di atas papan titian dengan metode praktek langsung dan media papan titian, melompat dengan satu kaki dengan metode praktek langsung dan media gambar telapak kaki, dan berjalan jinjit dengan metode praktek langsung dan media garis lurus.Kata Kunci : Upaya Guru, Perkembangan Motorik Kasar 

Keywords


Upaya Guru, Perkembangan Motorik Kasar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Febrina, dkk. 2016. Peranan Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik

Kasar Anak Usia Dini. Artikel Jurnal Infantia. Vol 4. No 2.

Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Farida, Aida. 2016. Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia

Dini. Artikel Jurnal Raudhah. Vol IV. No 2.

Hildayani, Rini, dkk. 2015. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang Selatan:

Universitas Terbuka.

Permendikbud No. 137 Tahun (2014). Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Prasetyo, B & Jannah, L. M. 2012. Metode Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabet.

Ramdaeni, Suci.(2016). Kontribusi Kegiatan Menari Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember. Skripsi. Bandung: Universitas Jember.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif., Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Bambang dkk. 2017. Metode Pengembangan Fisik. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sujiono,Yuliani N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Suyadi & Maulidya Ulfah. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dea Tri Widyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Lisensi Creative Commons
JURNAL PENA PAUD  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENA PAUD

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Bengkulu

Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu 38371 A Telp/Fax (0736) 21170

Phone: 085268096889

Email: penapaud@unib.ac.id