Main Article Content

Abstract

Klasifikasi telah diajarkan anak melalui permainan balok, lego, maupun dari lembar kerja anak, melalui kegiatan tersebut anak sudah mampu mengenal bermcam-macam warna, bentuk, dan ukuran. Namun anak belum tentu dapat mengklasifikasikan objek berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran jika
objek yang digunakan memiliki warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda-beda setiap objeknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan klasifikasi pada anak usia 5-6 tahun di desa Air Periukan kecamatan Air Periukan kabupaten Seluma. Kemampuan klasifikasi dalam penelitian ini meliputi klasifikasi warna, bentuk, dan ukuran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan populasi yang merupakan anak usia 5-6 tahun di desa Air Periukan kecamatan Air Periukan kabupaten Seluma. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan teknik total sampling jumlah sampel sebanyak 34 anak. Teknik pengumpulan mengunakan tes tindakan dan data hasil penelitian di analisis dengan mengunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukan kemampuan klaifikasi anak dalam kategori sangat baik. Dikatakan sangat baik karena anak usia 5-6 tahun sudah mampu mengklasifikasikan benda sesuai dengan warna, bentuk, dan ukurannya meskipun masih ada beberapa anak yang mengalami kesulitan pada saat mengelompokan objek. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengukur kemampuan klasifikasi dengan aspek klasifikasi yang berbeda seperti klasifikasi berdasarkan dua atau tiga variasi.

Keywords

Kemampuan klasifikasi anak usia dini

Article Details

How to Cite
Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005

References

  1. Beaty, Janice, J. 2010. Observing Development Of The Young Child. Seventh Edition. New
  2. Jersey: Merrill.
  3. Bundu, Patta. 2006. Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD.
  4. Jakarta: Depdiknas.
  5. Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
  6. Nasional. Jakarta: CV Mitra Karya.
  7. Depdiknas. 2014. Permendikbud No.146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
  8. Jakarta: Depdiknas.
  9. Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed
  10. Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
  11. Hildayani, Rosdiana S.T., S.R. Retno Pujiati, Mayke Sugianto, Alzena Masykouri, dan Eko
  12. Handayani. 2005. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
  13. Izzaty, Rita. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
  14. Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan : IKAPI.
  15. Mansyur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  16. Piaget, Jean & Barbel Inhelder. (2010). Psikologi Anak. (Penerjemah: Miftahul Jannah).
  17. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  18. Platz, D. L. 2004. Challenging Young Children Trough Simple Sorting And Classifying: A
  19. Development Approach. Education. 125 (1), 88-95. Yang Di Unduh Pada
  20. Tanggal 10 Maret 2020 Dari Http://E.Resources.Pnri.Go.Id.
  21. Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta:
  22. Kencana.
  23. Sari Nila Mayang, Chairilsyah, & Febrialismanto. 2016. Pengaruh Pengunaan Media
  24. Geoboard Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bentuk Geometri Pada Anak
  25. Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Riau: E-Journal.
  26. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.co
  27. m/media/publications/203452none.pdf&ved=2ahUKEwj5l9vC_p3tAhW0V3wK
  28. Hb1FDyoQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw0r6qzCJmX46Q-1rBWDJvyk
  29. Shanty, Meita. 2012. Strategi Belajar Khusus Untuk Anak Berkebutuhan Khusus.Yogyakarta:
  30. Familia.
  31. Sugihartono, kk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.