Main Article Content
Abstract
Klasifikasi telah diajarkan anak melalui permainan balok, lego, maupun dari lembar kerja anak, melalui kegiatan tersebut anak sudah mampu mengenal bermcam-macam warna, bentuk, dan ukuran. Namun anak belum tentu dapat mengklasifikasikan objek berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran jika
objek yang digunakan memiliki warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda-beda setiap objeknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan klasifikasi pada anak usia 5-6 tahun di desa Air Periukan kecamatan Air Periukan kabupaten Seluma. Kemampuan klasifikasi dalam penelitian ini meliputi klasifikasi warna, bentuk, dan ukuran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan populasi yang merupakan anak usia 5-6 tahun di desa Air Periukan kecamatan Air Periukan kabupaten Seluma. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan teknik total sampling jumlah sampel sebanyak 34 anak. Teknik pengumpulan mengunakan tes tindakan dan data hasil penelitian di analisis dengan mengunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukan kemampuan klaifikasi anak dalam kategori sangat baik. Dikatakan sangat baik karena anak usia 5-6 tahun sudah mampu mengklasifikasikan benda sesuai dengan warna, bentuk, dan ukurannya meskipun masih ada beberapa anak yang mengalami kesulitan pada saat mengelompokan objek. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengukur kemampuan klasifikasi dengan aspek klasifikasi yang berbeda seperti klasifikasi berdasarkan dua atau tiga variasi.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Beaty, Janice, J. 2010. Observing Development Of The Young Child. Seventh Edition. New
- Jersey: Merrill.
- Bundu, Patta. 2006. Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD.
- Jakarta: Depdiknas.
- Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
- Nasional. Jakarta: CV Mitra Karya.
- Depdiknas. 2014. Permendikbud No.146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
- Jakarta: Depdiknas.
- Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed
- Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
- Hildayani, Rosdiana S.T., S.R. Retno Pujiati, Mayke Sugianto, Alzena Masykouri, dan Eko
- Handayani. 2005. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
- Izzaty, Rita. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
- Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan : IKAPI.
- Mansyur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Piaget, Jean & Barbel Inhelder. (2010). Psikologi Anak. (Penerjemah: Miftahul Jannah).
- Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Platz, D. L. 2004. Challenging Young Children Trough Simple Sorting And Classifying: A
- Development Approach. Education. 125 (1), 88-95. Yang Di Unduh Pada
- Tanggal 10 Maret 2020 Dari Http://E.Resources.Pnri.Go.Id.
- Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta:
- Kencana.
- Sari Nila Mayang, Chairilsyah, & Febrialismanto. 2016. Pengaruh Pengunaan Media
- Geoboard Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bentuk Geometri Pada Anak
- Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Riau: E-Journal.
- https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.co
- m/media/publications/203452none.pdf&ved=2ahUKEwj5l9vC_p3tAhW0V3wK
- Hb1FDyoQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw0r6qzCJmX46Q-1rBWDJvyk
- Shanty, Meita. 2012. Strategi Belajar Khusus Untuk Anak Berkebutuhan Khusus.Yogyakarta:
- Familia.
- Sugihartono, kk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
References
Beaty, Janice, J. 2010. Observing Development Of The Young Child. Seventh Edition. New
Jersey: Merrill.
Bundu, Patta. 2006. Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD.
Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: CV Mitra Karya.
Depdiknas. 2014. Permendikbud No.146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
Jakarta: Depdiknas.
Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed
Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Hildayani, Rosdiana S.T., S.R. Retno Pujiati, Mayke Sugianto, Alzena Masykouri, dan Eko
Handayani. 2005. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
Izzaty, Rita. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan : IKAPI.
Mansyur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Piaget, Jean & Barbel Inhelder. (2010). Psikologi Anak. (Penerjemah: Miftahul Jannah).
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Platz, D. L. 2004. Challenging Young Children Trough Simple Sorting And Classifying: A
Development Approach. Education. 125 (1), 88-95. Yang Di Unduh Pada
Tanggal 10 Maret 2020 Dari Http://E.Resources.Pnri.Go.Id.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta:
Kencana.
Sari Nila Mayang, Chairilsyah, & Febrialismanto. 2016. Pengaruh Pengunaan Media
Geoboard Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bentuk Geometri Pada Anak
Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Riau: E-Journal.
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.co
m/media/publications/203452none.pdf&ved=2ahUKEwj5l9vC_p3tAhW0V3wK
Hb1FDyoQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw0r6qzCJmX46Q-1rBWDJvyk
Shanty, Meita. 2012. Strategi Belajar Khusus Untuk Anak Berkebutuhan Khusus.Yogyakarta:
Familia.
Sugihartono, kk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.