Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kendala guru dalam penggunaan alat permainan edukatif indoor di PAUD Se-Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskritif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru di PAUD Se-Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur dengan jumlah populasi dan sampel penelitian sebanyak 28 orang guru kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling total. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala guru dalam penggunaan alat permainan edukatif indoor berkategori tinggi, artinya guru di PAUD Se-Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur kerap mengalami kendala dalam penggunaan alat permainan edukatif indoor. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru untuk lebih menguasai keterampilan dalam menggunakan alat permainan edukatif indoor dan untuk pihak sekolah agar mengikutsertakan guru dalam pelatihan, seminar mengenai alat permainan edukatif indoor untuk menambah wawasan guru agar guru dalam penggunaan alat permainan edukatif indoor tidak mengalami kendala.
Kata Kunci: Kendala Guru, Penggunaan Alat Permainan Edukatif Indoor
Abstract
The purpose of this study was to describe the constraints of teachers in using the indoor educational game instruments in Early Childhood Education in South Kaur District, Kaur Regency. The type of study was descriptive quantitative using the survey approach. The population and sample in this study were PAUD teachers in South Kaur District, Kaur Regency for 28 teachers. The sampling technique used sampling total. The data collection techniques used questionnaires and data analysis techniques used the percentage formula. The result of this study showed that the constraints of teachers in using the indoor educational game instruments were categorized as high. It implied that teachers often found the constraints in using the indoor educational game instruments, furthermore, it was recommended for teachers to better master indoor skills. Meanwhile, involving teachers in seminars for the indoor educational game instruments was to improve insight so that the use of indoor educational game instruments did not find the constraints in the learning process.
Keywords: Teacher’s Constraints, Use of Indoor Educational Game Instrument
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD,SLB, Dan TK. Bandung: Yrama Widya.
- Ariesta, R. (2009). Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar untuk Anak Usia 0-1 Tahun. Bandung: PT Sandiarta Sukses.
- Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana.
- Fifah. (2017). Peran Guru Dalam Memilih Alat Permainan Edukatif Untuk Menumbuhkembangkan Potensi Anak Usia Dini Di RA Muawanatul Falah Ngetuk Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. 5(1), 30–45.
- Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. Surabaya: Jakad Publishing.
- Hamalik, O. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hayati, L., Husnaini, N., & Qadafi, M. (2021). Problematika Penggunan Alat Permainan Edukatif Pada Pembelajaran Di PAUD Al-Jihadul dan PAUD An-Nur Kabupaten Lombok Timur. 3(1), 52–62.
- Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
- Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Pusari, R. W. (2016). Analisis Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam Menciptakan Pembelajaran Bahasa Di Tk Tunas Rimba Ii Kota Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1), 61–70. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1118
- Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
- Roqib, M., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru. Yogyakarta: Cinta Buku.
- Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT Indragiri Dot Com.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Tsalisah, N. H., Sofia, A., & Nawangsasi, D. (2019). Pengetahuan Guru PAUD tentang Alat Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Nadia. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/18526
- Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
References
Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD,SLB, Dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Ariesta, R. (2009). Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar untuk Anak Usia 0-1 Tahun. Bandung: PT Sandiarta Sukses.
Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana.
Fifah. (2017). Peran Guru Dalam Memilih Alat Permainan Edukatif Untuk Menumbuhkembangkan Potensi Anak Usia Dini Di RA Muawanatul Falah Ngetuk Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. 5(1), 30–45.
Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. Surabaya: Jakad Publishing.
Hamalik, O. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayati, L., Husnaini, N., & Qadafi, M. (2021). Problematika Penggunan Alat Permainan Edukatif Pada Pembelajaran Di PAUD Al-Jihadul dan PAUD An-Nur Kabupaten Lombok Timur. 3(1), 52–62.
Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pusari, R. W. (2016). Analisis Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam Menciptakan Pembelajaran Bahasa Di Tk Tunas Rimba Ii Kota Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1), 61–70. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1118
Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Roqib, M., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru. Yogyakarta: Cinta Buku.
Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT Indragiri Dot Com.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tsalisah, N. H., Sofia, A., & Nawangsasi, D. (2019). Pengetahuan Guru PAUD tentang Alat Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Nadia. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/18526
Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.