KENDALA-KENDALA GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK

Nellis Pratiwi(1), Nina Kurniah(2), Wembrayarli Wembrayarli(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dialami oleh guru PAUD untuk anak usia 5-6 tahun dalam mengembangkan keterampilan sosial meliputi aspek kerjasama, kemurahan hati, dan empati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif, sedangkan instrument pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini yaitu seluruh guru PAUD di Gugus Cempaka Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko berjumlah 28 orang guru. Sedangkan prosedur pengambilan sampel yaitu total sampling . Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kendala yang dialami guru dalam mengembangkan keterampilan sosial yaitu mengembangkan sikap percaya pada anak untuk bergabung dengan kelompoknya, mendorong anak untuk dapat memaafkan kesalahan orang lain, dan membiasakan anak untuk memiliki sikap hangat terhadap orang lain.

Keywords


Kendala Guru, Keterampilan Sosial, PAUD

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14730

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nellis Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Lisensi Creative Commons
JURNAL PENA PAUD  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENA PAUD

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Bengkulu

Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu 38371 A Telp/Fax (0736) 21170

Phone: 085268096889

Email: penapaud@unib.ac.id