Main Article Content

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman orang tua terhadap konsep dasar bermain di TK Witri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, berupa penelitian survei, analisis data menggunakan statistik deskriptif. Data dikumpulkan melalui komunikasi tidak langsung dan alat pengumpulan datanya adalah kuisioner. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden. Hasil penelitian menunjukkan  (1). Pemahaman orang tua terhadap pengertian bermain 67,5%, masuk kategori “paham” (2). Pemahaman orang tua terhadap tujuan bermain 55%, masuk kategori “paham” (3). Pemahaman orang tua terhadap pentingnya bermain 60%, masuk kategori “paham” (4). Pemahaman orang tua terhadap manfaat bermain 60%, masuk kategori “sangat paham” (5). Pemahaman orang tua terhadap prinsip-prinsip bermain 85%, masuk kategori  “paham”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman orang tua tentang konsep dasar bermain di TK Witri 1 Kota Bengkulu adalah dikategorikan  “paham”. Dari hasil penelitian disarankan kepada orang tua untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep dasar bermain anak usia dini melalui berbagai media seperti buku, internet, guru dan sesama orang tua serta diharapkan orang tua untuk dapat berperan dengan baik dalam mendampingi kegiatan bermain anak.

Abstract 

This study aims to describe the level of understanding of parents towards the basic of concept  of early childhood play in  Kindergarten Witri 1 City of Bengkulu. The research method used is quantitative, with the form of survey research, data analysis using descriptive statistics. Data is collected by indirect communication techniques and data collection tools in the form of questionnaires. The sample used was 40 respondents. The results of the study show (1). parents’ understanding of definition of play 67,5% is categorized as “understanding” (2). parents’ understanding of the purpose of play 55% enter the category “understanding” (3). parents’understanding of the importance of play  60% entered the category “understanding” (4). parents’ understanding of benefits of play 60% enter the category “very understanding” (5). parents’ understanding of principles of play emter the category of “understanding”.  Suggestions for research by parents can increase their understanding of the basic concept of early childhood play by learning things about basic of early childhood play through various kinds of media such as the internet, books, teachers, and parents, and parents can be a good role in accompanying children’s play activities.

Keywords

konsep dasar bermain pemahaman orang tua.

Article Details

How to Cite
Hanny, P., & Qalbi, Z. (2020). PEMAHAMAN ORANG TUA MENGENAI KONSEP DASAR BERMAIN DI TK WITRI 1 KOTA BENGKULU. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 63–71. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13853

References

  1. Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ekonomi, Manajemen, Komunikasi, dan Ilmu Sosial Lainnyan (Cetakan Ke-1) . Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  2. Ailwood, J. (2003). Governing Early Childhood Education Through Play. Contemporary Issues in Early Childhood, 4 (3) 286-299.
  3. Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain & Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Nganjuk: Adjie Media Nusantara.
  4. Bodrova, E., & Deborah, L. (1996). Tools of The Mind: The Vygotskyan Approach to Early Childhood Programs. Washington, D.C.: National Association for the Education of Young Children.
  5. Daflora, R., & Jaya, P. R. (2019). Analisis Pemahaman Orang Tua Siswa akan Keterlibatannya dalam PAUD. PAUDIA, 10-19.
  6. Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Teori Konsep Dasar dan Implementasi (Cetakan ke-1). Bandung: Alfabeta.
  7. Dedy Hamdani, E. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap. Exacta, X, 79-88.
  8. Elvira. (2016). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru PAUDNI. Pontianak.
  9. Erwan, A. P., & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial (Edisi Kedua). Gava Media: Yogyakarta.
  10. Fadlillah, M. (2017). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta, Jakarta, Jakarta: Kencana.
  11. Gee, R., & Meredith, S. (1997). Entertaining and Educating Your Preschool Child. London: Osborn Publishing.
  12. Jauhari, H. (2013). Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi (Cetakan ke-2). Bandung: CV Pustaka Setia.
  13. Lijan, P. S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  14. Marlina, S., Qalbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturridha Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5 (2), 83-90.
  15. Santrock, J. W. (2012). LifeSpan. New York: Mac Graw Hill.
  16. Serli Marlina, Z. Q. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturridha Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 88.
  17. Smith, P. K., & Pellegrini, A. (2008). Learning Through Play. In : Tremblay RE, Boivin M, Peters RDev, eds. Encyclopedia on Early Childhood Development [online]. Montreal, Quebec: Centre of Excellence for Early Childhood Development and Strategic Knowledge Clusteron Early Childhood Development, 1-6.
  18. Sudjiono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidiksn. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  19. Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.
  20. Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
  21. Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.