Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui kartu kata bergambar pada anak usia 5--6 tahun di TK Negeri Gow Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 5--6 tahun berjumlah 10 orang anak. Pengumpulan data dalam keterampilan berbicara anak dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata untuk mengetahui keberhasilan anak. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I pertemuan II dengan rata-rata (1,92) dan siklus II pertemuan II dengan rata-rata (3,82) kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar dapat menggunakan kartu kata bergambar karena terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Maryati Maryati, muhamad nasirun, zahratul qalbi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Alnaisah Witri Dewi Fitri. (2021). Penggunaan Kartu Gambar Berseri untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diakses http://repository.radenintan.ac.id/13953/.
- Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.
- Hurlock, Elizabet. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
- Subhayni, S. & A. (2017) Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala Unicersity Press.
- Wijayanti. Emi Tiastin. Peningkatan Keterampilan Berbicara Awal Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses https://eprints. uny.ac.id/135271 Skripsi Tiastin Emi Wijayanti pdf.
References
Alnaisah Witri Dewi Fitri. (2021). Penggunaan Kartu Gambar Berseri untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diakses http://repository.radenintan.ac.id/13953/.
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.
Hurlock, Elizabet. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Subhayni, S. & A. (2017) Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala Unicersity Press.
Wijayanti. Emi Tiastin. Peningkatan Keterampilan Berbicara Awal Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses https://eprints. uny.ac.id/135271 Skripsi Tiastin Emi Wijayanti pdf.