Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui kartu kata bergambar pada anak usia 5--6 tahun di TK Negeri Gow Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 5--6 tahun berjumlah 10 orang anak. Pengumpulan data dalam keterampilan berbicara anak dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata untuk mengetahui keberhasilan anak. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I pertemuan II dengan rata-rata (1,92) dan siklus II pertemuan II dengan rata-rata (3,82) kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar dapat menggunakan kartu kata bergambar karena terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Maryati Maryati, muhamad nasirun, zahratul qalbi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Alnaisah Witri Dewi Fitri. (2021). Penggunaan Kartu Gambar Berseri untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diakses http://repository.radenintan.ac.id/13953/.
- Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.
- Hurlock, Elizabet. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
- Subhayni, S. & A. (2017) Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala Unicersity Press.
- Wijayanti. Emi Tiastin. Peningkatan Keterampilan Berbicara Awal Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses https://eprints. uny.ac.id/135271 Skripsi Tiastin Emi Wijayanti pdf.
References
Alnaisah Witri Dewi Fitri. (2021). Penggunaan Kartu Gambar Berseri untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diakses http://repository.radenintan.ac.id/13953/.
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.
Hurlock, Elizabet. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Subhayni, S. & A. (2017) Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala Unicersity Press.
Wijayanti. Emi Tiastin. Peningkatan Keterampilan Berbicara Awal Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses https://eprints. uny.ac.id/135271 Skripsi Tiastin Emi Wijayanti pdf.