Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan tingkat kemandirian anak usia dini yang ditinjau dari wilayah tempat tinggal, yaitu Desa Pasar Palik dan Kelurahan Kandang Limun. Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia dua sampai dengan tiga tahun yang bertempat tinggal di Desa Pasar Palik dan Kelurahan Kandang Limun, dengan total populasi berjumlah dua ratus dua puluh tiga orang tua. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling, dimana teknik pengambilan sampel ini digunakan untuk menentukan jumlah sampel bila populasi berstrata tetapi kurang proporsional. Jumlah sampel untuk Desa Pasar Palik yaitu sebanyak tiga puluh delapan orang tua, jumlah sampel untuk Kelurahan Kandang Limun yaitu sebanyak tiga puluh tujuh orang tua. Jumlah sampel total yaitu sebanyak tujuh puluh lima orang tua. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik dengan rumus Uji-t dua sampel bebas. Hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemandirian anak usia dua sampai dengan tiga tahun ditinjau dari wilayah tempat tinggal. Anak usia dua sampai dengan tiga tahun yang tinggal di wilayah desa kemandiriannya lebih tinggi dibanding dengan anak yang tinggal di wilayah kota. Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang kemandirian anak usia dua sampai dengan tiga tahun yang tinggal di wilayah kota.

Keywords

Kemandirian anak Wilayah Tempat Tinggal Perbedaan

Article Details

How to Cite
Apriani, L., Saparahayuningsih, S., & Qalbi, Z. (2021). Perbandingan Tingkat Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Wilayah Tempat Tinggal. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 44–52. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.17311

References

  1. Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa Dan Kota Dalam Potret Pendidikan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).
  2. Dimyati, J. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  3. Emzir. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
  4. Endah, K. (2019). Mewujudkan Kemandirian Desa Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(4), 25–33.
  5. Fiah, R. El. (2017). Bimbingan Dan Konseling Anak Usia Dini (1st Ed.) Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
  6. Geofanny, R. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4). Illahi, S. R., N, H. Z., & Febrialismanto. (2016). Analisis Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Bhakti Bunda Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Doctoral Dissertation, Riau University, 1–11.
  7. Ismiatun, A. N. (2020). Studi Komparatif Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Dan Kota. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 8–12.
  8. Iswantiningtyas, V., & Raharjo, I. B. (2016). Kemandirian Anak Usia Dini ( Studi Di Taman Kanak-Kanak Tauladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ). Jurnal Program Studi Pgra, 2, 1689–1699.
  9. Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi Perdesaan. Bandung: Pustaka Setia.
  10. Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi Perkotaan: Memahami Masyarakat Kota Dan Problematikanya. Bandung: Pustaka Setia.
  11. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  12. Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini (Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  13. Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak Prasekolah (Kedua). Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Putri, B. R. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Prasekolah yang Dititipkan di Taman Penitipan Anak (TPA) dengan Anak yang Diasuh oleh Asisten Rumah Tangga (ART) di Rumah. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia.
  15. Salina, E., Thamrin, M., & Sutarmanto. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Anak Menjadi Tidak Mandiri Pada Usia 5-6 Tahun Di Raudatul Athfal Babussalam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3, 1–10.
  16. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Ke-18). Bandung: Alfabeta.
  17. Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media (Ed.); 6th Ed.).
  18. Winarno, M. E. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press, Malang.
  19. Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini (Rose Kusumaning Ratri (Ed.); Pertama). Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Yamin, M., & Sanan, J. S. (2021). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Referensi (Gaung Persada Press Group).
  21. Yuliyanti, E., Ph, L., Indrayat, N., & I. (2019). Perbedaan Tingkat Ansietas Anak Usia Sekolah Di Desa Dan Di Kota Saat Mengalami Menarche. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1), 65–70.