Isi Artikel Utama

Abstrak

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu dengan jumlah populasi 8 orang guru. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan apabila kurang dari 100 subjek. Data penelitian dikumpulkan dengan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis perhitungan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 2,86. Kegiatan beserta metode dan media yang paling sering digunakan oleh guru dalam mengoptimalkan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu yaitu menari dengan metode latihan dan media audio, senam dengan metode praktek langsung dan media audio, gerak dan lagu dengan metode praktek langsung dan media lagu dan gerak, berjalan di atas papan titian dengan metode praktek langsung dan media papan titian, melompat dengan satu kaki dengan metode praktek langsung dan media gambar telapak kaki, dan berjalan jinjit dengan metode praktek langsung dan media garis lurus.Kata Kunci : Upaya Guru, Perkembangan Motorik Kasar 

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Dea Tri Widyastuti, Universitas Bengkulu

Pendidikan Guru PAUD FKIP UNIB
Cara Mengutip
Widyastuti, D. T., Nasirun, M., & Yulidesni, Y. (2021). Studi Upaya Guru Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Kasar Anak. JURNAL PENA PAUD, 2(1), 25. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14520

Referensi

  1. Anggraini, Febrina, dkk. 2016. Peranan Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik
  2. Kasar Anak Usia Dini. Artikel Jurnal Infantia. Vol 4. No 2.
  3. Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:
  5. PT Rineka Cipta.
  6. Farida, Aida. 2016. Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia
  7. Dini. Artikel Jurnal Raudhah. Vol IV. No 2.
  8. Hildayani, Rini, dkk. 2015. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang Selatan:
  9. Universitas Terbuka.
  10. Permendikbud No. 137 Tahun (2014). Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
  11. Prasetyo, B & Jannah, L. M. 2012. Metode Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabet.
  12. Ramdaeni, Suci.(2016). Kontribusi Kegiatan Menari Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember. Skripsi. Bandung: Universitas Jember.
  13. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif., Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  14. Sujiono, Bambang dkk. 2017. Metode Pengembangan Fisik. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
  15. Sujiono,Yuliani N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.
  16. Suyadi & Maulidya Ulfah. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama