Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, moral spiritual, motorik, emosional, kognitif, dan sosial yang tepat dan benar agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Bermain sangat bermanaat bagi anak usia dini. Melalui kegiatan bermain, anak dapat mempelajari dan belajar banyak hal, dapat mengenal aturan, bersosialisasi, menempatkan diri, menata emosi, toleransi, dan kerja sama yang baik. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di kelas B (setara dengan usia 5-6 tahun) di RA Al-Jaziel Jarin Pademawu Pamekasan pada tanggal 12 April 2022 diketahui bahwa perkembangan sosial emosional anak belum berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi media Suitcase Emoji untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di RA Al-Jaziel. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan cara reduksi, penyajian data dan penarik kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media suitcase emoji di RA Al-Jaziel mampu meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Pentingnya penggunaan media yang baik dan tepat yang sesuai dengan kebutuhan anak mampu meningkatkan seluruh aspek perkembangan, salah satunya perkembangan sosial emosional. . Dampak dari media suitcase emoji ini yaitu dapat membantu anak dalam mengendalikan diri antara lain kebiasaan antri saat mengaji, bersikap disiplin saat masuk kelas. Dan perilaku prososial antara lain anak mampu bermain dengan teman sebayanya, mau berbagi dengan temannya. Dan dapat bersikap tolong menolong kepada temannya.
Kata Kunci: Suitcase Emoji;Sosial Emosional
Abstrak
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, moral spiritual, motorik, emosional, kognitif, dan sosial yang tepat dan benar agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Bermain sangat bermanaat bagi anak usia dini. Melalui kegiatan bermain, anak dapat mempelajari dan belajar banyak hal, dapat mengenal aturan, bersosialisasi, menempatkan diri, menata emosi, toleransi, dan kerja sama yang baik. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di kelas B (setara dengan usia 5-6 tahun) di RA Al-Jaziel Jarin Pademawu Pamekasan pada tanggal 12 April 2022 diketahui bahwa perkembangan sosial emosional anak belum berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi media Suitcase Emoji untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di RA Al-Jaziel. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan cara reduksi, penyajian data dan penarik kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media suitcase emoji di RA Al-Jaziel mampu meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Pentingnya penggunaan media yang baik dan tepat yang sesuai dengan kebutuhan anak mampu meningkatkan seluruh aspek perkembangan, salah satunya perkembangan sosial emosional. . Dampak dari media suitcase emoji ini yaitu dapat membantu anak dalam mengendalikan diri antara lain kebiasaan antri saat mengaji, bersikap disiplin saat masuk kelas. Dan perilaku prososial antara lain anak mampu bermain dengan teman sebayanya, mau berbagi dengan temannya. Dan dapat bersikap tolong menolong kepada temannya.
Kata Kunci: Suitcase Emoji;Sosial Emosional
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 anis Moh.fauzan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Dewi,Tresna Rahayu Ajeng, Mayasarokh Mira. Dkk . (2020). “Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini” dalam Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Volume 4 (hlm.181-190). PG PAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan
- Huwaina Inarah, (2018). Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Gerak dan Lagu di Taman Kanak kanak As-salam Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
- Melyani, 2017. Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemapuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B2 Tman Kanak Kanak Athifu Jannah Sukarame, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
- Nurullita Farina, 2013. Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Kelompok A TK Islam AlAnis, Jiwan, Ngemplak, Kartasura, Universitas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Oktafrima,Kurnia.(2013).“Pengertian,Tujuan,Manfaat, dan Fungsi Media Pembelajaran”, kurniaoktafrima.blogspot.com
- Parapat, Asmidar. 2020. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher
- Safira, Rizki Ajeng. 2020. Media Pembelajaran Anak Usia Dini.Gresik: Caramedia Communication.
- Sari, Maulida Riski. (2020). “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini”
- Siregar hapsinah, 2017. Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemapuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Ra AlMuttaqin, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
- Suryaden.(2021). “Permendikbud 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD”, www-jogloabang-com,cdn.ampproject.org
References
DAFTAR PUSTAKA
Dewi,Tresna Rahayu Ajeng, Mayasarokh Mira. Dkk . (2020). “Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini” dalam Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Volume 4 (hlm.181-190). PG PAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan
Huwaina Inarah, (2018). Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Gerak dan Lagu di Taman Kanak kanak As-salam Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Melyani, 2017. Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemapuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B2 Tman Kanak Kanak Athifu Jannah Sukarame, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nurullita Farina, 2013. Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Kelompok A TK Islam AlAnis, Jiwan, Ngemplak, Kartasura, Universitas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Oktafrima,Kurnia.(2013).“Pengertian,Tujuan,Manfaat, dan Fungsi Media Pembelajaran”, kurniaoktafrima.blogspot.com
Parapat, Asmidar. 2020. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher
Safira, Rizki Ajeng. 2020. Media Pembelajaran Anak Usia Dini.Gresik: Caramedia Communication.
Sari, Maulida Riski. (2020). “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini”
Siregar hapsinah, 2017. Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemapuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Ra AlMuttaqin, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Suryaden.(2021). “Permendikbud 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD”, www-jogloabang-com,cdn.ampproject.org