Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan orangtua dalam aktivitas literasi baca anak kelompok B di Gugus I Kamboja Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua dari anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Gugus I Kamboja yang berjumlah 320 orangtua, teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling sebanyak 48 orangtua. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan orangtua dalam aktivitas literasi baca anak dikategorikan cukup. Keterlibatan orangtua pada aspek letter knowledge 2,96 berada pada kategori cukup, pada aspek print awareness 2,82 berada pada kategori cukup, pada aspek print motivation 2,47 berada pada kategori cukup, pada aspek phonological awareness 3,34 berada pada kategori baik dan pada aspek vocabulary 3,06 berada pada kategori baik. Hasil ini bermakna bahwa keterlibatan orangtua dalam aktivitas literasi baca anak adalah cukup, artinya sebagian orangtua sudah melakukan kegiatan mengajarkan anak dalam pemahaman kosa-kata, kesadaran akan tulisan atau simbol cetak, kemampuan bercerita, dan memiliki kesadaran fonologis cukup baik. Perlu distimulasikan lagi untuk lebih tertarik terhadap buku atau benda cetak agar kelak dapat mudah belajar di tingkat selanjutnya.
Keywords
Keterlibatan Orangtua
Literasi Baca Anak
Article Details
License
Copyright (c) 2021 Revika Ananda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
How to Cite
Ananda, R., Suryadi, D., & Wembrayarli, W. (2021). Keterlibatan Orangtua Dalam Aktivitas Literasi Baca Anak Kelempok B. JURNAL PENA PAUD, 2(1), 70. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14744