Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan membaca anak kelompok B di PAUD Sandhy Putra Telkom Bengkulu dan Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan. Membaca kemampuan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 anak kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu dan 33 anak kelompok B PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data hasil penelitian menggunakan Pengujian uji t, Sebesar 0.000<0.05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan membaca antara anak kelompok B PAUD Sandhy putra Telkom Kota Bengkulu dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan. Mengenal kalimat sederhana dapat dijadikan dasar untuk penelitian berikutnya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 yulia adisti, Didik Suryadi, Melia Eka Daryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Astuti, Tri Puji. “Perbedaan Literasi Emergen Anak Taman Kanak-Kanak. “ JurnalPsikolog Undip, Vol.13, no. 2, 2014, pp. 107-19.
- Dalman, 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
- Dhieni, Nurbaini dkk. 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: : Universitas Terbuka Handini Myrnawati” Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media bulletin
- board”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Diini, Vol 8. No.1. 2017.
- Lestariningrum, Anik, Prastihastari Intan. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan.” Nusantara of Research, Vol. 1, no. 1, 2014, pp. 12-18..
- Pertiwi, Kadek Wiwin, et al. “ Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. “ Journal For Lwsson and Learning Studies, Vol. 4, no. 1, 2016, pp. 33-38.
- Munawir. 2005. Analisis Laporan Keungan.Yogyakarta: Liberty.
- Musfiroh Tadkiroatun. 2008. Menumbuhkan Baca-Tulis Anak UsiaDini. Yogyakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Rusniah. 2015. Meningkatkan perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhun Tagun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi.
- Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Suharmono Kasiyun. “Upaya meningkatkan minat bacasebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa.” Jurnal Pendidikan. Vol. 1, no. 1, 2015
- Zubaidah, Enny. “ Draft Buku Pengembangan Bahasa. “ Yogyakarta, 2003, pp. 20-22, http://staffne.uny.ac.id/upload/131415515/lainlain/Produk+Bahan +Ajar- pengembangan+Bahasa=Anak+Usia+Dini.pdf
References
Astuti, Tri Puji. “Perbedaan Literasi Emergen Anak Taman Kanak-Kanak. “ JurnalPsikolog Undip, Vol.13, no. 2, 2014, pp. 107-19.
Dalman, 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Dhieni, Nurbaini dkk. 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: : Universitas Terbuka Handini Myrnawati” Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media bulletin
board”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Diini, Vol 8. No.1. 2017.
Lestariningrum, Anik, Prastihastari Intan. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan.” Nusantara of Research, Vol. 1, no. 1, 2014, pp. 12-18..
Pertiwi, Kadek Wiwin, et al. “ Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. “ Journal For Lwsson and Learning Studies, Vol. 4, no. 1, 2016, pp. 33-38.
Munawir. 2005. Analisis Laporan Keungan.Yogyakarta: Liberty.
Musfiroh Tadkiroatun. 2008. Menumbuhkan Baca-Tulis Anak UsiaDini. Yogyakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rusniah. 2015. Meningkatkan perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhun Tagun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharmono Kasiyun. “Upaya meningkatkan minat bacasebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa.” Jurnal Pendidikan. Vol. 1, no. 1, 2015
Zubaidah, Enny. “ Draft Buku Pengembangan Bahasa. “ Yogyakarta, 2003, pp. 20-22, http://staffne.uny.ac.id/upload/131415515/lainlain/Produk+Bahan +Ajar- pengembangan+Bahasa=Anak+Usia+Dini.pdf