Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan membaca anak kelompok B di PAUD Sandhy Putra Telkom Bengkulu dan Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan. Membaca kemampuan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 anak kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu dan 33 anak kelompok B PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data hasil penelitian menggunakan Pengujian uji t, Sebesar 0.000<0.05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan membaca antara anak kelompok B PAUD Sandhy putra Telkom Kota Bengkulu dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan. Mengenal kalimat sederhana dapat dijadikan dasar untuk penelitian berikutnya.
Article Details
Copyright (c) 2023 yulia adisti, Didik Suryadi, Melia Eka Daryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Astuti, Tri Puji. “Perbedaan Literasi Emergen Anak Taman Kanak-Kanak. “ JurnalPsikolog Undip, Vol.13, no. 2, 2014, pp. 107-19.
- Dalman, 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
- Dhieni, Nurbaini dkk. 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: : Universitas Terbuka Handini Myrnawati” Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media bulletin
- board”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Diini, Vol 8. No.1. 2017.
- Lestariningrum, Anik, Prastihastari Intan. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan.” Nusantara of Research, Vol. 1, no. 1, 2014, pp. 12-18..
- Pertiwi, Kadek Wiwin, et al. “ Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. “ Journal For Lwsson and Learning Studies, Vol. 4, no. 1, 2016, pp. 33-38.
- Munawir. 2005. Analisis Laporan Keungan.Yogyakarta: Liberty.
- Musfiroh Tadkiroatun. 2008. Menumbuhkan Baca-Tulis Anak UsiaDini. Yogyakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Rusniah. 2015. Meningkatkan perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhun Tagun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi.
- Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Suharmono Kasiyun. “Upaya meningkatkan minat bacasebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa.” Jurnal Pendidikan. Vol. 1, no. 1, 2015
- Zubaidah, Enny. “ Draft Buku Pengembangan Bahasa. “ Yogyakarta, 2003, pp. 20-22, http://staffne.uny.ac.id/upload/131415515/lainlain/Produk+Bahan +Ajar- pengembangan+Bahasa=Anak+Usia+Dini.pdf
References
Astuti, Tri Puji. “Perbedaan Literasi Emergen Anak Taman Kanak-Kanak. “ JurnalPsikolog Undip, Vol.13, no. 2, 2014, pp. 107-19.
Dalman, 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Dhieni, Nurbaini dkk. 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: : Universitas Terbuka Handini Myrnawati” Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media bulletin
board”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Diini, Vol 8. No.1. 2017.
Lestariningrum, Anik, Prastihastari Intan. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan.” Nusantara of Research, Vol. 1, no. 1, 2014, pp. 12-18..
Pertiwi, Kadek Wiwin, et al. “ Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. “ Journal For Lwsson and Learning Studies, Vol. 4, no. 1, 2016, pp. 33-38.
Munawir. 2005. Analisis Laporan Keungan.Yogyakarta: Liberty.
Musfiroh Tadkiroatun. 2008. Menumbuhkan Baca-Tulis Anak UsiaDini. Yogyakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rusniah. 2015. Meningkatkan perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhun Tagun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharmono Kasiyun. “Upaya meningkatkan minat bacasebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa.” Jurnal Pendidikan. Vol. 1, no. 1, 2015
Zubaidah, Enny. “ Draft Buku Pengembangan Bahasa. “ Yogyakarta, 2003, pp. 20-22, http://staffne.uny.ac.id/upload/131415515/lainlain/Produk+Bahan +Ajar- pengembangan+Bahasa=Anak+Usia+Dini.pdf