Main Article Content

Abstract

Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan membaca anak kelompok B di PAUD Sandhy Putra Telkom Bengkulu dan Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan. Membaca kemampuan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 anak kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu dan 33 anak kelompok B PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan  data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data hasil penelitian menggunakan Pengujian uji t, Sebesar 0.000<0.05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan membaca antara anak kelompok B PAUD Sandhy putra Telkom Kota Bengkulu dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan. Mengenal kalimat sederhana dapat dijadikan dasar untuk penelitian berikutnya.

Article Details

How to Cite
adisti, yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328

References

  1. Astuti, Tri Puji. “Perbedaan Literasi Emergen Anak Taman Kanak-Kanak. “ JurnalPsikolog Undip, Vol.13, no. 2, 2014, pp. 107-19.
  2. Dalman, 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
  3. Dhieni, Nurbaini dkk. 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: : Universitas Terbuka Handini Myrnawati” Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media bulletin
  4. board”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Diini, Vol 8. No.1. 2017.
  5. Lestariningrum, Anik, Prastihastari Intan. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan.” Nusantara of Research, Vol. 1, no. 1, 2014, pp. 12-18..
  6. Pertiwi, Kadek Wiwin, et al. “ Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. “ Journal For Lwsson and Learning Studies, Vol. 4, no. 1, 2016, pp. 33-38.
  7. Munawir. 2005. Analisis Laporan Keungan.Yogyakarta: Liberty.
  8. Musfiroh Tadkiroatun. 2008. Menumbuhkan Baca-Tulis Anak UsiaDini. Yogyakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  9. Rusniah. 2015. Meningkatkan perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhun Tagun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi.
  10. Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  11. Suharmono Kasiyun. “Upaya meningkatkan minat bacasebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa.” Jurnal Pendidikan. Vol. 1, no. 1, 2015
  12. Zubaidah, Enny. “ Draft Buku Pengembangan Bahasa. “ Yogyakarta, 2003, pp. 20-22, http://staffne.uny.ac.id/upload/131415515/lainlain/Produk+Bahan +Ajar- pengembangan+Bahasa=Anak+Usia+Dini.pdf