Main Article Content
Abstract
This study aimed to describe the use of natural materials as educational game tool in learning. The population of this study were all 56 teachers. The sampling of this study used a total sampling technique so that all populations were sampled. The data collection techniques of this research used a questionnaire. The data were analyzed by using the average and percentage formula. The results of the research showed that the use of natural materials as educational game tool are categorized as very low. In the aspect of the types of natural materials, the characteristics of educational game tool and the types of natural materials used in a month are categorized as very low, while the educational game tool requirements are categorized as low. The results of research in group B Kindergarten in Selupu Rejang District, Rejang Lebong Regency, Bengkulu Province showed that teachers still verry rarely used natural materials as educational game tool.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Alya Salsabila Salsabila, Didik Suryadi, Delrefi D
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Aqib, Z., & dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
- Christianna, A. (2 013). Pelatihan Perancangan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se-Siwalankerto Surabaya. Journal of Service Learning, Vol 1, No 1, 7-13.
- Hasan Baharun, Z. A. (2020). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382-1395.
- Hasanah, L. (2017). Meningkatkan Kreativitas Dengan Kegiatan Aneka Karya Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Alam. Jurnal Pendidikan PAUD, Vol. 02, No.1, 62-70.
- Mustika, N., & Suyadi. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6, Issue 3, 2052-2060.
- Okdiantari, E., & Komalasari, D. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) Prisma Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Issue, Vol 8, No 2, 1-4.
- Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia, Vol 1, No 1, 49-57.
- Sholehah, Aat Mar'atun. (2020). Pengaruh Kegiatan Mencetak Menggunakan Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di RA Qurrota'ayun Kedondong Pesawaran. UIN Raden Intan Lampung.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
- Yasbiati, G. G. (2018). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.
- Yuliantina, I. (2014). Peningkatan Kemampuan Bahasa Awal Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 8, Edisi 1, 111-118.
- Yunitasari, I. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. 1-137.
References
Aqib, Z., & dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Christianna, A. (2 013). Pelatihan Perancangan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se-Siwalankerto Surabaya. Journal of Service Learning, Vol 1, No 1, 7-13.
Hasan Baharun, Z. A. (2020). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382-1395.
Hasanah, L. (2017). Meningkatkan Kreativitas Dengan Kegiatan Aneka Karya Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Alam. Jurnal Pendidikan PAUD, Vol. 02, No.1, 62-70.
Mustika, N., & Suyadi. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6, Issue 3, 2052-2060.
Okdiantari, E., & Komalasari, D. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) Prisma Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Issue, Vol 8, No 2, 1-4.
Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia, Vol 1, No 1, 49-57.
Sholehah, Aat Mar'atun. (2020). Pengaruh Kegiatan Mencetak Menggunakan Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di RA Qurrota'ayun Kedondong Pesawaran. UIN Raden Intan Lampung.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
Yasbiati, G. G. (2018). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.
Yuliantina, I. (2014). Peningkatan Kemampuan Bahasa Awal Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 8, Edisi 1, 111-118.
Yunitasari, I. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. 1-137.