Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku prososial anak petani usia 5-6 tahun di PAUD Se-Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 anak petani di PAUD Se-Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa rata-rata perilaku prososial anak petani berusia 5-6 tahun di PAUD Se-Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah berada pada kategori tinggi. Perilaku prososial anak petani dari indikator menolong, berbagi, menghibur, dan kerjasama sudah tinggi. Kepada peneliti lain diharapkan dapat mendalami penelitian tentang perilaku prososial dengan tahapan perkembangan perilaku prososial.

 

Kata kunci :  perilaku prososial, petani, anak usia dini

 

Article Details

How to Cite
Repormasi, A., Suryadi, D., & Indrawati, I. (2021). Perilaku Prososial Anak Petani Di PAUD Se-Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.18172

References

  1. Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati Dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Maria Kudus, I(1), 33–42.
  2. Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Percetakan PT Fajar Interpratama Mandiri.
  3. Eisenberg, N., & Mussen, P. H. (2003). The Roots Of Prosocial Behavier In Children.
  4. Farida, H. (2017). Perilaku Prososial Ditinjau Dari Androgyny Role Dalam Kegiatan Pramuka Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Penyeluhan Pertanian, 3(2), 113–126.
  5. Hulukati, W. (2015). Peran keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Musabah IAIN Palu, 7, 265–282.
  6. Matondang, E. S. (2016). Perilaku Prososial ( Prosocial Behavior) Anak Usia Dini dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). Juran Pendidikan Dasar Edu Humaniaro, 8(1).
  7. Mercer, J., & Clasyton, D. (2012). Psikologi Sosial (R. Rahmat & A. Maulana (eds.)). PT. Gelora Aksara Pratama Erlangga JAKARTA.
  8. Mutmainah, S. (2012). Perilaku Sosial Anak Usia Dini Berambut Gimbal Daerah Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo. Indonesiaan Journal of Early Childhood Education Studies, 1(1), 49–53.
  9. Rahmanadji, D. (1993). Sejarah, teori, jenis, dan fungsi humor. Jurnal Seni Dan Desain Universitas Negeri Malang.
  10. Salim, Karo-Karo, I. R., & Haidir. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan aplikasi bagi mahasiswa, guru, mata pelajaran umum dan pendidikan agama islam disekolah). Perdana Publishing MEDAN.
  11. Shadiqi, M. A. (2018). Perilaku Prososial. Jurnal Mangkurat Unibersitas Lampung.
  12. Solekhah, A. M., Atikah, T. P., & Istiqomah, M. (2018). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Sikap Empati Terhadap Perilaku Prososial Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Kudus, 0291.
  13. Sugiyono. (2013). Metode penelitoan kuanitatif kualitatif dan R&D (Sugiyono (ed.)). ALFABETA, CV.
  14. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. In Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
  15. Sugiyono, P. D. (2007). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: ALFABETA.