Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  strategi guru PAUD dalam mengembangkan keterampilan membaca dini di PAUD  sekecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma Bengkulu. Metode penelitian adalah metode survei. Dengan sampel penelitian adalah guru yang ada di PAUD sekecamatan yang berjumlah 20 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan rumus presentase. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  strategi  guru  PAUD dalam  mengembangkan  keterampilan  memb aca  dini berkategori cukup baik dengan nilai rata-rata 2.86. Strategi guru PAUDdalam mengembangkan keterampilan membaca dini berkategori cukup baik pada kegiatan Meminta anak melengkapi huruf awalan pada gambar yang diberikan, Bermain Mengelompokkan gambar dengan awalan yang sama, dan meminta anak untuk memisahkan  kata  berdasarkan  awalan  yang  sama.  Dari  hasil  penelitian  ini  direkomendasikan  pada peneliian lebih lanjut, untuk meneliti strategi guru yang masih cukup dilakukan oleh guru TK dalam mengembangkan keterampilaan membaca dini.

Keywords

Keterampilan Membaca Dini Strategi Guru

Article Details

How to Cite
Lorenza, A. N., Suryadi, D., & Wembrayarli, W. (2021). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Literasi Baca Dini. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 92. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14824

References

  1. Ahmadi, 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiaher.
  2. Arikunto, Suhsrsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budiman, Nandang. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: UPIPRESS.
  4. Dhieni, Nurbiana dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.
  5. Dinanti, Sutri. 2019. Strategi Guru TK Dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Berbahasa Indonesia Dengan Metode Cerita Bergambar di RA Amanah Kabupaten Seluma. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
  6. Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  7. Jamal, Abdur Rahman. 2013. Tahapan Mendidik Anak. Bandung: Irsyad Baitus Salam.
  8. Mulyasa. 2017. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya
  9. Mutiani, Ani. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. UPI Bandung.
  10. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
  11. Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  12. Tjoe, Jo Lioe. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7(1).