Journal Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) contains the results of scientific research related to efforts to improve the quality of mathematics learning at the elementary and secondary school levels, as well as analysis of difficulties and abilities in learning school mathematics.


JP2MS was first published in August 2017 by the Department of Mathematics Education in collaboration with Unib Press, University of Bengkulu. JP2MS has been registered with eISSN 2581-253X based on Decree no. 0005.2581253X/JI.3.1/SK.ISSN /2017 starting edition Vol. 1, No. 1, August 2017.

Vol. 8 No. 3 (2024)

Published: December 31, 2024

DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT GUNA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 7

Achmad Buchori (1), Fina Ismatul Uyun (2), Dhian Endahwuri (3), Agus Hartoyo (4)
(1) Universitas PGRI Semarang ,
(2) Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang ,
(3) Universitas PGRI Semarang ,
(4) SMPN 2 Sayung
284-292
17

EKSPLORASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR PADA ERA DIGITAL

Inneke Najmah Zahirah (1), Andika Setyo Budi Lestari (2), Dewi Nurmalitasari (3)
(1) Universitas PGRI Wiranegara ,
(2) Universitas PGRI Wiranegara ,
(3) Universitas PGRI Wiranegara
293-301
20

IMPLEMENTASI PMRI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PIZZA DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN DI SD 2 MEGAWON

Anif Maghfiroh (1), Reina Rizky (2), Eka Zuliana (3)
(1) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus ,
(3) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
302-309
43

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TARL BERBANTUAN QUIZIZZ PADA PESERTA DIDIK KELAS X MATERI EKSPONEN

Ita Nurafita (1), Rohmad Wahid Rhomdani (2), Septian Tri Ariyanto (3)
(1) PPG Prajabatan Prodi Matematika Universitas Muhammadiyah Jember ,
(2) Universitas Muhammadiyah Jember ,
(3) SMA Negeri Kalisat
310-318
25

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR

Annisa Fadhila (1), Granita Granita (2)
(1) Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau ,
(2) gram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
319-326
5

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Nabila Aprilia (1), Dewi Rahimah (2), Tria Utari (3), Elwan Stiadi (4), Ratnah Lestary (5)
(1) Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu ,
(2) Universitas Bengkulu ,
(3) Universitas Bengkulu ,
(4) Universitas Bengkulu ,
(5) Universitas Bengkulu
327-337
15

PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS UNDERSTANDING BY DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Meri Usfira (1), Aklimawati Aklimawati (2), Erna Isfayani (3)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh
338-352
8

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 PADANG

Fajriyansyah Fajriyansyah (1), Dewi Yuliana Fitri (2), Melisa Melisa (3)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat
353-364
24

NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PERMAINAN TRUTH OR DARE GAMES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Mochammad Faiz Nur Falah (1), Ailsa Tsabita Primrose (2), Rif’at Qonitatullah (3), Muhammad Islahul Mukmin (4)
(1) Prodi S1 Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ,
(2) Prodi S1 Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ,
(3) Prodi S1 Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ,
(4) Prodi S1 Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
365-373
4

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Rahmat Septiawan (1), Agus Susanta (2), Ringki Agustinsa (3), Elwan Stiadi (4), Tria Utari (5)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(4) Universitas Bengkulu ,
(5) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB
374-384
12

ANALISIS TINGKAT MISKONSEPSI SISWA TERKAIT BILANGAN EKSPONEN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DAN PENYEBABNYA

Fatima Ayu Wulandari (1), Puguh Darmawan (2)
(1) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang ,
(2) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang
385-394
9

ANALISIS BIBLIOMETRIK : TREN PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Zulfida Sahranti (1), Effie Efrida Muchlis (2), Febri Kristiani (3), Syafdi Maizora (4)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(2) Universitas Bengkulu, Bengkulu ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(4) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB
395-409
1

PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KAIN ULOS SUMATERA UTARA

Disky Ristayani (1), Wulandari wulandari (2), Erna Isfayani (3)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIMAL ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIMAL ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIMAL
410-419
3
View All Issues