Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skills oleh guru pendidikan anak usia dini Se-Gugus Anggrek Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode deskriptif survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berada di pendidikan anak usia dini Se-Gugus Anggrek Kota Bengkulu yang berjumlah empat puluh enam orang guru. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling total, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang berjumlah empat puluh enam guru se-gugus Anggrek Kota Bengkulu. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik dengan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru se-gugus Anggrek Kota Bengkulu telah melaksanakan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skills dengan nilai persentase tujuh puluh tujuh koma enam puluh lima persen, yang berarti selalu melaksanakan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skills. Saran bagi guru pendidikan anak usia dini dalam penelitian ini yaitu untuk lebih memahami tentang pembelajaran Higher Order Thinking Skills dan mengetahui pentingnya pembelajaran Higher Order Thinking Skills di sekolah.. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan pelaksanaan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skills dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda, seperti teknik pengumpulan data dengan observasi.

Keywords

Strategi Pembelajaran HOTS

Article Details

Author Biography

Mistika Yusti, Prodi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Bengkulu

Mistika Yusti, Mahasiswi Universitas Bengkulu angkatan tahun 2017, program studi pendidikan Guru PAUD
How to Cite
Yusti, M., Saparahayuningsih, S., & Indrawati, I. (2021). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) di PAUD Se-Gugus Anggrek Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16984

References

  1. Anas, S. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  2. Apriani, W. Dkk. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2 (1).
  3. Apandi, I., & Baehaqi, A. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Abad 21 dan HOTS. Yogyakarta: Samudra Biru.
  4. Ariyana, Y. Dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Aqib, Z., & Diniati, E. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  6. Damayanti, D. (2018). Senang dan Bahagia Menjadi Guru PAUD. Yogyakarta: Araska.
  7. El Fiah, R. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  8. Juita, K. Dkk. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Di Tk Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu selatan. Jurnal PENA PAUD, 2 (1).
  9. Lorenza, V, A. Dkk. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Di Tk Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Jurnal PENA PAUD, 2 (1).
  10. Peraturan Pemerintah Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013.
  11. Peraturan Pemerintah Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 955.
  12. Salim, S. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka.
  13. Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
  14. Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: COMDES.
  15. Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.