Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana tingkat pemahaman guru PAUD di Kecamatan Pondok Kelapa tentang asesmen anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAUD di kecamatan Pondok Kelapa yang berjumlah empat puluh tujuh orang guru PAUD. Penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Data yang terkumpul dikelompokkan kedalam tiga kelompok pengkategorian yaitu tinggi, sedang dan rendah kemudian dianalisis menggunakan analisis statistika dengan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru PAUD di Kecamatan Pondok Kelapa tentang asemen anak usia dini baik itu mengenai konsep asesmen, pelaksanaan asesmen dan pelaporan asesmen yaitu cukup baik dan masuk ke dalam kategori sedang. Saran bagi guru PAUD dalam penelitian adalah diharapkan guru dapat mengimplementasikan asesmen dengan lebih baik lagi dengan melaksanakan penilaian baik harian, mingguan, dan bulanan, memvariasikan teknik dan instrumen yang digunakan serta membuat laporan penilaian baik triwulan maupun semester. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mencari hubungan pemahaman guru tentang asesmen dengan implementasinya di lapangan.

Keywords

Pemahaman Guru PAUD Asesmen Anak Usia Dini

Article Details

Author Biographies

Sri Saparahayuningsih, PG PAUD FKIP UNIB

Dosen PG PAUD FKIP UNIB

Indrawati Indrawati, PG PAUD FKIP UNIB

Dosen PG PAUD FKIP UNIB
How to Cite
Wulandari, W., Saparahayuningsih, S., & Indrawati, I. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Paud Tentang Asesmen Anak Usia Dini Di Kecamatan Pondok Kelapa. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.17297

References

  1. Arumsari, A. D., & Putri, V. M. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Motoric, 4(1), 154–160.
  2. Gullo, D. F. (2005). Understanding assessment and evaluation in early childhood education. New York: Teachers College Press.
  3. Indriani, O. A. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Pada Taman Kanak- Kanak Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.
  4. Kelly, G. M. B. A. V. (1992). Assessment in Early Childhood Education. Britania Raya: Sage Publication (CA).
  5. Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Jurnal EduMa 3(2).
  6. Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru Paud Dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran Dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120.
  7. Peraturan Pemerintah Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan tentang: Standar Nasional Anak Usia Dini, Pub. L. No. Nomor 137 (2014).
  8. Snow, C. E., & Van Hemel, S. B. (2008). Early Childhood Assessment: Why, What, and How. Washington DC: National Academies Press.
  9. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  10. Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
  11. Suminah, E., Siantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U., & Nugraha, A. (2018). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Issue 021). Jakarta: Kemendikbud.
  12. Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media.
  13. Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111.