Journal Description

Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (KAPEDAS) menerima artikel/tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Fokus kajian berkenaan dengan paradigma umum di bidang pendidikan dasar, menegah, atas, dan tinggi. Berorientasi pada permasalahan dinamika sistem dan pengembangan pembelajaran, inovasi, kreativitas, keterkaitan kearifan lokal, dan pendidikan modern. Teknis dan sistematika penulisan mengacu pada pedoman penulisan artikel sebagaimana tercantum halaman akhir jurnal ini. Seluruh naskah yang masuk akan dibahas dan disunting kelayakannya.


 


Terbit setiap bulan MARET dan SEPTEMBER

Vol. 3 No. 1 (2024): Maret

Published: 28 March 2024

Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Pembelajaran PPKn terhadap Hasil Belajar Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Kelas V SDN Muara Rengas

Suyamto (1), Puspa Djuwita (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Dinas Pendidikan, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
1-12
60

Pengembangan e-LKPD Terintegrasi Kearifan Lokal Bengkulu Utara Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Lilien Aprianti (1), Abdul Muktadir (2), Bambang Parmadi (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
13-19
14

Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Ujian Sekolah Gugus 2 Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma Tahun Ajaran 2021/2022

Yoyo Lukito (1), Abdul Muktadir (2), Pebrian Tarmizi (3)
(1) PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
20-27
13

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Menggunakan Konteks Wisata “Muratara” untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV

Reza Fahlevi (1), Agus Susanta (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
28-36
34

Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pengetahuan Faktual dan Konseptual pada Materi Bunyi di Kelas 4 SDN 104 Kota Bengkulu

Elva Susanti (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD Negeri 12 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
37-45
22

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOT) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Sobirin (1), Irwan Koto (2), Bambang Parmadi (3)
(1) SD Negeri Kuto Tanjung, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
46-57
11

Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Pubertas Kelas VI SD

Miftahus Silmi Zohro (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
58-64
33

Pengembangan Media Diorama Berbasis Lingkungan Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran PPKn

Fazalika Syahputra (1), Puspa Djuwita (2), Bambang Parmadi (3)
(1) SD Negeri 27 Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
65-74
14

Analisis Pantun Daerah Senjang Kota Lubuklinggau yang Mengandung Pendidikan Karakter Religius dan Gotong Royong

Tarmizi (1), Abdul Muktadir (2), Puspa Djuwita (3)
(1) SD Negeri Kebur, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
75-86
16

Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Model Pisa Dengan Konteks Musi Rawas Kelas V Sekolah Dasar

Trie Utari (1), Agus Susanta (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
87-96
17

Pengembangan LKPD Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Pengetahuan Siklus Air dan Dampaknya Melalui Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V

Laila Sofiatun Janna (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
97-103
30

Pengaruh Pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Bangun Datar Siswa Kelas IV MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu

Eci Anita Lestari (1), Agus Susanta (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
104-113
14

Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis POE (Prediction, Observe, Explanation) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses SAINS pada Siswa Kelas V

Hoirul Saleh (1), Irwan Koto (2), Bambang Parmadi (3)
(1) SD Negeri Napallicin, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
114-126
37

Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Muatan PKn Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Siswa Kelas VI SDN 33 Rejang Lebong

Feri Irawan (1), Puspa Djuwita (2), Agus Susanta (3)
(1) SD Negeri 147 Rejang Lebong, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
127-138
18

Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran dengan Peta Konsep Terhadap Penguasaan Pengetahuan Faktual dan Konseptual dalam Materi Siklus Air pada Siswa Kelas V

Bambang Edi Purnomo (1), Irwan Koto (2), Agus Susanta (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
139-150
23

Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA dengan Materi Siklus Air Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD

Ning Handayani (1), Endang Widi Winarni (2), Agus Susanta (3)
(1) SD Negeri 1 Banpres, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
151-156
42

Pengembangan E-Modul Sumber Energi Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV

Laila Rahmaitun Husna (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
157-164
34

Persepsi Guru Kelas IV SD AL FURQON Lubuklinggau terhadap Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 dan Implementasinya

Mas Agung Tri Putro (1), Puspa Djuwita (2), Bambang Parmadi (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
165-173
7

Pengembangan E-Modul Berbasis Model RME (Realistic Mathematics Education) Menggunakan Rumah Pangeran Duayu untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV SD

Sadela Nurhayani (1), Agus Susanta (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
174-182
43

Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Project Based Learning (PJBL) Menggunakan Makanan Khas Bengkulu untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pembulatan Bilangan Kelas IV Sekolah Dasar

Novia Kurnia Sari (1), Agus Susanta (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
183-190
46
View All Issues