Deskripsi Jurnal

Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (KAPEDAS) menerima artikel/tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Fokus kajian berkenaan dengan paradigma umum di bidang pendidikan dasar, menegah, atas, dan tinggi. Berorientasi pada permasalahan dinamika sistem dan pengembangan pembelajaran, inovasi, kreativitas, keterkaitan kearifan lokal, dan pendidikan modern. Teknis dan sistematika penulisan mengacu pada pedoman penulisan artikel sebagaimana tercantum halaman akhir jurnal ini. Seluruh naskah yang masuk akan dibahas dan disunting kelayakannya.


 


Terbit setiap bulan MARET dan SEPTEMBER

Vol 4 No 1 (2025): Maret

Diterbitkan: 28 March 2025

Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Macromedia Flash 8 Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi Di Kelas IV SD

33

Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphic Iklan Elektronik Bermuatan Produk Lokal Bengkulu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Sekolah Dasar

60

Pengaruh Pembelajaran IPAS Dengan Model Project Based Learning Berbantuan Media Robot Education Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VI

18

Pengembangan Media Ular Tangga Interaktif (UTANGI) Berbantuan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas III Sekolah Dasar

32

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V (Lima) Sekolah Dasar

30

PENGARUH PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV

96

Pengaruh Model Pembelajaran IPA menggunakan Model Kooperatif Type Group Investigation Berbantuan Multimedia Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir HOTS

24

ANALYSIS OF MINIMUM COMPETENCY ASSESSMENT (AKM) QUESTIONS IN MADRASAH ASSESSMENT IN INDONESIAN LANGUAGE SUBJECT CLASS VI MIS NURUL HUDA BENGKULU CITY

21

Pengaruh Model Pembelajaran Read Answer Discuss Explain Create (RADEC) Berbantuan Kartu Kata pada Materi Pantun Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Bahasa Rejang dan Literasi Budaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar

67

PENGEMBANGAN LKPD MATERI PECAHAN DESIMAL BERBASIS PENDEKATAN TEACHING At THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

47

Pengembangan Media Pop Up Book Digital Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi di Sekolah Dasar

31

Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Model Discovery Learning pada Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Persatuan Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar

49

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SDN 09 Kepahiang

34

Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Minat dan Hasil Belajar PPKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri 77 Bengkulu

47

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Narasi Berbasis Model Pembelajaran Brainwriting untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

29

Pengaruh Pembelajaran Sains Menggunakan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Bagi Siswa Sekolah Dasar

31

Pengaruh Media Boneka Tangan dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas II SDIT Darul Ilmi Bengkulu Utara

25

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL SISWA KELAS V SD

30

Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas IV SDN 113 Seluma

45

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV

33
Lihat semua terbitan