Diterbitkan: November 30, 2024

Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Inkuiri Terbimbing: Urgensi Pengembangan Media di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren

Akhmad Fathir (1), Iin Syarofah (2), Linda Tri Antika (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Madura ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Madura ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Madura
158-166
195

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Kesehatan Reproduksi dengan Pernikahan Dini pada Remaja di MA Pondok Pesantren Kabupaten Bulukumba

Ainun HM Mardia (1), Andi Asmawati Azis (2), Adnan Adnan (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
167-179
222

Pembelajaran Berdiferensiasi Biologi; Tinjauan Persepsi Guru

Muhammad Yusuf (1), Dian Arysandi Eka Putra Sembiring (2), Ali Sadikin (3), Danial Mursyd (4), Robi Hendra (5)
(1) Progam Studi S-1 Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia ,
(2) Progam Studi S-1 Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia ,
(3) Progam Studi S-1 Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia ,
(4) Progam Studi S-1 Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
180-186
176

Mengungkap Batasan Kecakapan Akademik: Penyelidikan Kritis terhadap Perfeksionisme Sains di Kalangan Sarjana Pendidikan Biologi

Mutia Desti Aini (1), Dharma Ferry (2), Albertos Damni (3)
(1) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia ,
(2) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia ,
(3) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
187-209
218

Urgensi Mempelajari Mutasi Dan Variasi Genetik Berorientasi Content Representation Untuk Memahami Evolusi OrganismeAdanya miskonsepsi dan kesulitan siswa dalam pembelajaran materi mutasi menyebabkan pemahaman dan hasil belajar siswa mengalami penurunan.

Mahda Rizqina (1), Najira Najira (2), Topik hidayat (3)
(1) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung ,
(2) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung ,
(3) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
210-219
285

Pengembangan LKPD Berorientasi Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati pada Usaha Tekstil Ecoprint Bagi Peserta Didik Kelas X

Rika Amelia (1), Elvira Destiansari (2), Susy Amizera (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
220-234
127

Implementasi Perangkat Belajar Sains Berbasis ESD pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peningkatan Literasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Implementasi Perangkat Belajar Sains Berbasis ESD pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peningkatan Literasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Tahmid Tahmid (1), Nurkhoiri Nurkhoiri (2), Muhammad Syaiful (3)
(1) SMP Negeri 2 Bojong Tegal Jawa Tengah ,
(2) Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas PGRI Semarang ,
(3) Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
235-245
254

Analisis Persepsi Guru dalam Kajian Perbandingan Efisiensi terkait RPP pada Kurikulum 13 dan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka

Bella Anjelia (1), Riza Umami (2), Yetrie Octavury (3), Saleh Hidayat (4), Wulandari Saputri (5), Bagas Rasid Sidik (6)
(1) Pondok Pesantren Salafiyah Mutiara Sunnah Palembang, Indonesia ,
(2) SMP Negeri 1 Air Salek, Indonesia ,
(3) SMA Negeri 3 OKU Timur, Indonesia ,
(4) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
(5) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
(6) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
246-260
324

Kelayakan Instrumen Tes Berpikir Esensial Taksonomi Presseisen: Analisis Kualitas Tes dan Abilitas Peserta Didik Menggunakan Model Rasch

Azfa Fadhilah (1), Anisyah Yuniarti (2), Afandi Afandi (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia
261-272
110

Pendekatan Problem Solving dan Model Project-Based Learning dalam Pembelajaran Hybrid

Alonemarera Alonemarera (1), Miswandi Tendrita (2)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
273-286
113

Pengembangan Media Pembelajaran Mind of Digestive Board Game Berbasis Model CBL (Case-Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Putri Emylia Rachmasari (1), Deny Setiawan (2)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia
287-308
263

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembuatan Nata de Citrullus

Fika Tri Ajizah (1), Neni Murniati (2), Irwandi Ansori (3), Abdul Rahman (4), Ahmad Saddam Husein (5)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia.
309-316
138

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VIII Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi

Reski Amellia (1), Hasanuddin Hasanuddin (2), Sitti Saenab (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
317-324
180

Pengembangan E- Booklet Berbasis Flipbook Materi Protista Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Makroalga Di Kawasan Wisata Pantai Malabero Kota Bengkulu

Nurhalimah Nurhalimah (1), Yennita Yennita (2), Endang Widi Winarni (3), Sri Irawati (4), Dewi Jumiarni (5)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(3) Program Studi S-2 Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia.
325-337
148

Pengembangan E-Worksheet Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Sains

Prendi Niki Halhaji (1), Suhartini (2)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(2) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
338-352
117

Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Menggunakan PhET Interactive Simulation Pada Mata Kuliah Evolusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

Ahmad Saddam Husein (1), Dewi Jumiarni (2), Syarif Hidayat (3), Abas Abas (4)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
353-359
123