Journal Description

Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, is a open access journal in biology education and learning that publishes research results in the field of biology education and learning at the secondary school and higher education levels. Diklabio’s first edition was published in 2017. The journal publication is maintained by the Biology Education Department at Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia with the ISSN (online): 2598-9669; and ISSN (print): 2598-9634. Article manuscripts are published after a thorough Double peer review process.


Starting from Volume 6 Number 1 (2022), all articles in Diklabio have been accredited by SINTA (Science and Technology Index) 3, as stated by the Kemendikbudristek RI (Ministry of Education, Culture, Research and Technology, Republic of Indonesia) through their decree no: 230/E/KPT/2022, 30 December 2022. Since 23 September 2022 Diklabio has been indexed in DOAJ

Vol. 7 No. 2 (2023)

Published: November 30, 2023

Pengembangan Buku Saku Berdasarkan Keanekaragaman Mikroalga di Daerah Aliran Sungai Ketahun

Betania Simanungkalit (1), Dewi Jumiarni (2), Sri Irawati (3), Kasrina Kasrina (4), Neni Murniati (5), Abdul Rahman Sinkam (6)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
132-142
137

Pengaruh Variasi Jenis Serbuk Kayu Terhadap Pertumbuhan (Auricularia Auricula) Sebagai Pengembangan Booklet Budidaya Jamur Mata Pelajaran Biologi SMK Agribisnis

Cut Kandy Safiera (1), Kasrina Kasrina (2), Yennita Yennita (3), Sri Irawati (4), Dewi Jumiarni (5), Irwandi Ansori (6), Syarif Hidayat (7)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(7) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
143-153
83

Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Cooperative Approach Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Lingkungan

Nike Anggraini (1), Khoiron Nazip (2)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
154-161
58

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa SMPN 36 Medan pada Materi Sistem Pernapasan

Dea Aprilia (1), Ely Djulia (2), Indah Nausati G (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, FMIPA, Universitas Negeri Medan, Indonesia ,
(2) Program Studi S-3 Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Muslim Nusantara, Indonesia
162-173
74

Identifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Kawasan Ijen Geopark dan Pemanfaatannya Sebagai Sumber Belajar

Ambarroh Nissrina Sari (1), Supeno Supeno (2), Diah Wahyuni (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia
174-186
84

Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Qr Code di SMAN Karang Jaya

Selvia Octaline Selvia (1), Mareta Widiya (2), Ivoni Susanti (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Silampari, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Silampari, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Silampari, Indonesia
187-196
77

Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Virus: Sebuah Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Shania Putri Apriani (1), Meita Valentina Zuhro (2), Nurhasanah Siregar (3), Rizhal Hendi Ristanto (4), Hanum Isfaeni (5)
(1) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(2) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(3) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(4) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(5) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
197-211
98

Kearifan Lokal Masyarakat Desa Batu Berian dalam Strategi Konservasi Sumber Daya Laut Sebagai Sumber Belajar Biologi

Rana Kabani (1), Anandita Eka Setiadi (2), Ari Sunandar (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia
212-219
85

Pengembangan Video Animasi Sistem Reproduksi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Tara Fadhila Amatullah (1), Ervan Johan Wicaksana (2), Afreni Hamidah (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
220-229
77

Penerapan Model Differentiated Science Inquiry (DSI) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP

Sitti Saenab (1), Riska Amriani (2), Salma Samputri (3)
(1) Universitas Negeri Makassar ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
230-239
59

Collaborative Case-Based Learning: Implikasinya Terhadap Kemampuan Analisis Mahasiswa Pada Topik Monera dan Protista

Fitri Astriawati (1), Yennita Yennita (2)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
240-249
41

Etnobotani Tumbuhan Obat Masyarakat Adat Kesultanan Ternate di Kelurahan Foramadiahi Sebagai Pengembang Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal

Muhammad Hidayat (1), Taufiq Taher (2), Neni Murniati (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Insitut Sains dan Kependidikan Kieraha Maluku Utara, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Insitut Sains dan Kependidikan Kieraha Maluku Utara, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
250-259
87
View All Issues