Diterbitkan: May 31, 2025

Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Bioenergi Alternatif: Pemahaman, Keunggulan dan Tantangan

Semuel Unwakoly (1), Liliasari (2)
(1) Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
155-166
15

Analisis Potensi Impelementasi Pembelajaran Berbasis Flipped classroom di SMA Pesisir Selatan Lampung

Analysis of the Potential Implementation of Flipped Classroom-Based Learning at Pesisir Selatan High School, Lampung

Handoko Santoso (1), Achyani (2), Agil Lepiyanto (3), Riswanto (4), Ade Gunawan (5)
(1) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia ,
(2) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia
25-36
16

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Tugas Proyek Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pada Calon Guru Biologi

Yunita Wardianti (1), Dian Samitra (2)
(1) Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Silampari, Indonesia ,
(2) Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Silampari, Indonesia
91-98
5

Integrasi LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kajang melalui Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik SMP

Sitti Saenab (1), Iqra Ramadani (2), Sitti Rahma Yunus (3), Andi Rahmat Saleh (4)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
1-11
42

Pengembangan LKPD Materi Keanekaragaman Hayati Berdasarkan Studi Keragaman Jenis Capung di TWA Pantai Panjang Kota Bengkulu

Lesi Oktafia (1), Irwandi Ansori (2), Abdul Rahman (3), Neni Murniati (4), Yennita Yennita (5), Prendi Niki Halhaji (6), Kasrina Kasrina (7)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(7) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
167-175
4

Minat Belajar Siswa Pada Konteks Integratif: Analisis Kondisi Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Siska Ulandari (1), Ogi Danika Pranata (2)
(1) Pendidikan Biologi, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia ,
(2) Pendidikan Fisika, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
63-78
18

Analisis Kelengkapan Peralatan Laboratorium Biologi di SMA: Perbandingan Antara Standar Nasional dan Realitas di Lapangan

Delma Saputri (1), Nurul Jannah (2), Kori Nur Ardani (3), Zulfarina Zulfarina (4)
(1) Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau ,
(2) Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau ,
(3) Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau ,
(4) Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
146-154
4

Analisis Rasch Model Pada Instrumen Praktikum Biokimia Isolasi DNA Jeruk Lokal Bengkulu

Nadia Amida (1), Nahadi Nahadi (2), F.M. Titin Supriyanti (3), Liliasari Liliasari (4)
(1) Program Studi Pendidikan IPA, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Setiabudhi No. 229, Bandung, 40154, Indonesia ,
(2) Departemen Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Setiabudhi No.229, Bandung, 40154, Indonesia ,
(3) Departemen Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Setiabudhi No.229, Bandung, 40154, Indonesia ,
(4) Departemen Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Setiabudhi No.229, Bandung, 40154, Indonesia
19-24
16

Development of Gastritis Education E-booklet Based on Islamic Values ​​on Digestive System Material at SMA/MA level

Fitri Ulfa Masruroh (1), Adieba Warda Hayya (2)
(1) Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia ,
(2) Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
37-47
13

Pengembangan Katalog Tumbuhan Berbasis Qr-Code Melalui Aplikasi Mobile Learning Audio Di Kampus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Sebagai Sumber Belajar

Suraida Suraida (1), Nining Nuraida (2), Try Susanti (3)
(1) Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ,
(2) Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ,
(3) Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
99-110
5

A Analisis Integrasi Computational Thinking pada Perkuliahan Biomolekul

Emilia Candrawati (1), Ratnaningsih Eko Sardjono (2), Ijang Rohman (3), Binar Kurnia Prahani (4)
(1) Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia ,
(4) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
137-145
4

Pengembangan Booklet Materi Invertebarata Kelas X Berdasarkan Keanekaragaman Makroinvertebrata di Sungai Ketahun

Edi Suandi (1), Abdul Rahman (2), Dewi Jumiarni (3), Alif Yanuar Zukmadini (4), Abas (5), Ahmad Saddam Husein (6), Syarif Hidayat (7)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(7) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
176-183
8

Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mikrobiologi Dasar Untuk Menunjang Aktivtas Dan Hasil Belajar

Sri Wardhani (1), Selza Katiza (2), Meli Astriani (3)
(1) Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
(3) Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
79-90
7

Hubungan Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dengan Kesadaran Berperilaku Zero Waste

Eka Putri Azrai (1), Khafifah Nurhasanah (2), Diana Vivanti Sigit (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
125-136
3

E-Magazine dengan Kasus Stunting di Desa Jungkat sebagai Upaya Meningkatkan Kontekstualitas dalam Media Pembelajaran Biologi

Sri Wahyuni Zainiarni (1), Wolly Candramila (2), Asriah Nurdini Mardiyyaningsih (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Pontianak ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Pontianak ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Pontianak
48-62
6

Studi Etnobotani Bumbu dan Rempah Dalam Masakan Tradisional kuliner Bengkulu Sebagai Sumber Belajar Biologi Berbasis Kearifan Lokal

Kasrina Kasrina (1), Neni Murniati (2), Ahmad Saddam Husein (3), Safniyeti Safniyeti (4), Delia Ananda Kusuma (5), Lesti Sani Hayati (6)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
111-124
4