Journal Description

Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, is a open access journal in biology education and learning that publishes research results in the field of biology education and learning at the secondary school and higher education levels. Diklabio’s first edition was published in 2017. The journal publication is maintained by the Biology Education Department at Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia with the ISSN (online): 2598-9669; and ISSN (print): 2598-9634. Article manuscripts are published after a thorough peer review process.


Starting from Volume 1 Number 1 (2018), all articles in Diklabio have been accredited by SINTA (Science and Technology Index) 5, as stated by the Kemenristekdikti through their decree no: 36/E/KPT/2019, 13 Desember 2019. 

Vol 6, No 1 (2022)

Published: May 28, 2022

Pengembangan LKPD Berdasarkan Keragaman Capung Di Kawasan Danau Dendam Tak Sudah

Uci Rahma Dwita (1), Irwandi Ansori (2), Abdul Rahman (3), Dewi Jumiarni (4), Aceng Ruyani (5), Abas Abas (6)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
1-6
41

Rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas X

Chika Putri Faritzah (1), Bhakti Karyadi (2), Yennita Yennita (3), Ariefa Primair Yani (4), Neni Murniati (5)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
7-16
34

Analisis Miskonsepsi Materi Fotosintesis Menggunakan Soal Esai Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP

Nukhbatul Bidayati Haka (1), Anis Muriana (2), Supriyadi Supriyadi (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
17-23
27

Uji Kelayakan Panduan Praktikum Genetika Materi DNA Berbasis Inkuiri Terbimbing

Rusnelly Isrika Rz (1), Jodion Siburian (2), Afreni Hamidah (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
24-32
42

Pengembangan Media 3 Dimensi Berbasis Android pada Materi Sistem Ekskresi

Mia Ayu Pratiwi (1), Benny Afandi (2), Diah Sudiarti (3)
(1) Universitas Islam Jember ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Jember ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Jember
33-37
37

Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Fitha Armeinty Lino Padang (1), Ramlawati Ramlawati (2), Sitti Rahma Yunus (3)
(1) Universitas Negeri Makassar ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
38-46
267

Pengaruh Media Sekolah Pintar Indonesia (SPI) Terhadap Literasi Digital Dan Hasil Belajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati

Nadya Herdyana (1), Purwati Kuswarini Suprapto (2), Mufti Ali (3)
(1) Universitas Siliwangi ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi
47-55
47

Urgensi Keberadaan Buku Panduan Penelitian Biologi Molekuler Menggunakan Drosophila melanogaster

Diani Fatmawati (1), Maryam Saleem (2), Iin Hindun (3), Indah Permatasari (4), Solikhah Solikhah (5), Diana Khoiroh (6), Ahmad Fauzi (7)
(1) Department of Biology Education, Faculty of Teacher and Training Education, Universitas Muhammadiyah Malang ,
(2) Department of Bioinformatics and Biotechnology, Government College University Faisalabad ,
(3) Department of Biology Education, Faculty of Teacher and Training Education, Universitas Muhammadiyah Malang ,
(4) Department of Biology Education, Faculty of Teacher and Training Education, Universitas Muhammadiyah Malang ,
(5) Department of Biology Education, Faculty of Teacher and Training Education, Universitas Muhammadiyah Malang ,
(6) Department of Biology Education, Faculty of Teacher and Training Education, Universitas Muhammadiyah Malang ,
(7) Department of Biology Education, Faculty of Teacher and Training Education, Universitas Muhammadiyah Malang
56-64
100

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Virus Berdasarkan Persepsi Siswa Selama Pandemi

Siti Khaerani (1), Aditya Rahman (2), Rida Oktorida Khastini (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
65-73
19

Analisis Keaktifan Pembelajaran Daring Siswa Kelas XI MIPA I SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Apri Rahmawati (1), Siti Mualifah (2), Tuti Fatma Rahmawati (3), Dwi Meilinda Istiqomah (4), Much Fuad Saifuddin (5), Destri Ratna Ma'rifah (6)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta ,
(4) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta ,
(5) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta ,
(6) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
74-79
27

Persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Riau Terhadap Mata Kuliah Ilmu Lingkungan dan Mitigasi Bencana di Masa Pandemi Covid-19

Irda Sayuti (1), Tun Huseno (2), Kasrina Kamarudin (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Indonesia ,
(2) Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Baso, Sumatra Barat ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
80-86
20

Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Dilla Eka Septiani (1), Sri Wardhani (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Palembang ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palembang
87-92
42

Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Tipe STAD Dan Pembelajaran Tipe GI

Meti Herlina (1), Rukiah Lubis (2), Uci Agustiana (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
93-100
31

Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Nisa Firdha (1), Zulyusri Zulyusri (2)
(1) Padang State University (Universitas Negeri Padang) ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
101-106
81
View All Issues